Loading...... Refresh

Berita Humbang


03 Desember 2019

Pemkab Humbahas menyelenggarakan Bimtek dengan Tajuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Humbahas, kegiatan ini bertempat di Doloksanggul, Aula Hutamas, Senin 2 Desember 2019.


Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan Tajuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Humbahas, kegiatan ini bertempat di Doloksanggul, Aula Hutamas, Senin 2 Desember 2019.

Dalam sambutan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, S.E yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Perekonomian dan Pembangunan, Remon Pakpahan, S.Pd, mengatakan “Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat, hal ini sejalan dengan informasi yang didapatkan masyarakat. Untuk itu diperlukan kearifan dalam memanfaatkan teknologi, agar informasi yang sampai kepada masyarakat merupakan informasi yang baik dan positif”.

KIM sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terutama dalam menyampaikan informasi yang positif bagi masyarakat. Artinya KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat berguna juga bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan Pemberdayaan KIM guna mengembangkannya, ujarnya.

Bimtek KIM di Kabupaten Humbahas tahun ini menghadirkan narasumber Angki Kusuma Dewi (Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Ditjen IKP dan Informatika, Kemkominfo RI), Duhita Mardiana (Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Ditjen IKP dan Informatika, Kemkominfo RI), Samuel Sihombong (Maspigass) dan Kadis Kominfo Hotman Hutasoit.

Angki Kusuma Dewi menyampaikan “Kelompok yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat serta secara mandiri dan kreatif melakukan aktivitas pengelolaan informasi dan pemberdayaan guna memberikan nilai tambah bagi masyarakat itu sendiri”.

Konsep tersebut merupakan sebuah pengembangan paradigma pola komunikasi di masyarakat bukan lagi communication to people namun communication with people, ujarnya.

Selanjutnya Samuel Sihombing (Maspigass), yang juga pemilik Poda Coffee di Kampung Hutatika Kec Sitinjo, Kabupaten Dairi, menyampaikan bagaimana mendapatkan biji kopi yang berkualitas, serta pentingya KIM ini untuk mengubah keadaan dan ekonomi masyarakat, dalam penuturannya juga membahas proses distribusi jual kopi.

Selanjutnya Kadis Kominfo, Hotman Hutasoit menyampaikan sejak bergulirnya KIM sebagai simpul komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, berperan penting menyampaikan informasi dari pemerintah ke masyarakat dan sebaliknya menyerap aspirasi masyarakat dan menyampaikannya kepada pemerintah.

Pemberdayaan KIM menjadi solusi alternatif guna menyadarkan arti penting berkelompok, bertukar informasi, serta membuka peluang kemitraan dan kolaborasi dengan SKPD/OPD di tingkat Kabupaten Humbahas, demikian disampaikan Hotman Hutasoit

Penyelenggaraan Bimtek yang diselenggarakan Diskominfo Humbahas ini bertujuan sebagai upaya tindak lanjut pemberdayaan kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang telah terbentuk baik di Kabupaten Humbahas.

GS/Diskominfo)





  • Agenda
  • Date Title
    17 Desember 2019 Natal Oikumene Kabupaten Humbang Hasundutan

Loading Counter...

Share...