Aug 092018
 

 

Doloksanggul -Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik laksanakan Forum Group Discussion untuk memferivikasi data dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertical seperti kepolisian, Depag dan Dinas Kehutanan serta UPT Pendidikan tingkat SMA. Forum Group Discussion Humbang Hasundutan (Humbahas) 2018, dilaksanakan di Kantor Dinas Kominfo Kompleks Perkantoran Tano Tubu Doloksanggul, Selasa (7/8/2018).

Kadis Kominfo Humbang Hasundutan, Drs. Hotman Hutasoit dalam sambutannya menyampaikan agar forum ini merupakan kegiatan penting karena hasil dari forum ini nantinya sangat dibutuhkan semua pihak. Karena itu sangat diharapkan peran semua peserta yang hadir saat ini, sehingga data yang kita sajikan dan sampaikan pada masyarakat benar-benar akurat.

Sementara itu, kepala BPS Humbang Hasundutan, Ir. Ester Sitorus menyampaikan bahwa Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik mengamanatkan untuk menyediakan kebutuhan data statistik bagi pemerintah, swasta dan masyarakat. Dengan visinya, yakni “pelopor data statistik terpercaya untuk semua”. “Dan misi paling penting, yaitu menyediakan data statistik berkualitas melalui kegiatan statistik yang terintergrasi dan berstandar nasional maupun internasional,” ujarnya

Ditambahkannya, misi lainnya memperkuat sistem statistik nasional dan berkesinambungan melalui pembinaan dan koordinasi di bidang statistik serta membangun insan statistik yang profesional, berintegritas dan amanah untuk kemajuan perstatistikan sesuai motto Badan Pusat Statistik (BPS) melayani dengan hati.Dalam pelayanan publik, BPS akan penerbitan publikasi dan diseminasi data yang memuat beragam data statistik dari berbagai sumber yang menggambarkan keadaan daerah secara lengkap.

Ester juga menjelaskan bahwa mekanisme kerja statistik sektoral melalui  forum data antara lain mengajukan usulan kegiatan statistik sektoral, mengirimkan hasil kegiatan statistik sektoral, menyampaikan surat rekomendasi dari BPS, mengajukan rancangan kegiatan statistik sektoral dalam rangka rekomendasi, serta menyampaikan hasil kegiatan statistik sektoral dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dan lainnya.Menurutnya, forum ini juga bertujuan untuk mengetahui statistik produksi pertanian di Kabupaten Humbahas, baik peternakan, perikanan, kesehatan, pendidikan, pariwisata, perhubungan, pencatatan sipil, dan juga yang lainnya.

Hadir pada acara itu, Polres Humbahas Ipda S Nainggolan, Bagian Hukum Setdakab, Bagian Tata Pemerintahan Setdakab, Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setdakab, Sektretariat DPRD, Bapeda, Satpol PP, Disnaker, dan BPKPAD serta OPD lainnya. (ST/ Kominfo)