Pariwisata Kecamatan Lintongnihuta

 

 

TAO SILOSUNG

tao sipingganLokasi wisata yang terletak di Desa Silaban dengan obyek wisata alam berupa danau yang memiliki keindahan yang alami. Danau ini menurut cerita rakyat daerah setempat adalah merupakan bekas lokasi tempat bertarungnya dua manusia bersaudara pada zaman dahulu yang bertikai dan akhirnya saling adu kesaktian, seorang melempar lesung (losung) dan seorang lagi melemparkan piring (pinggan) dan kemudian lokasi tempat jatuhnya benda-benda tersebut berubah menjadi sebuah danau yang dinamai Tao Silosung dan Tao Sipinggan.

Jarak sekitar 8 Km Doloksanggul dari, dengan pencapaian waktu sekitar setengah jam ke obyek wisata dan dapat ditempuh kenderaan roda 4 dan 2 kemudian jalan setapak sejauh 100 M.

Sarana dan Prasarana berupa jalan yang sedang dalam perbaikan kemudian tempat pemancingan yang masih alami dan banyak dikunjungi oleh pemancing. Sekeliling danau ini juga oleh masyarakat setempat dipergunakan sebagai lahan pertanian dengan memanfaatkan air danau sebagai pengairan.

TAO SIPINGGAN

tao sipingganLokasi wisata yang terletak di Desa Pergaulan dengan obyek wisata alam berupa danau yang memiliki keindahan alami. Danau ini menurut cerita rakyat daerah setempat adalah merupakan bekas lokasi tempat bertarungnya dua manusia bersaudara pada zaman dahulu yang bertikai dan akhirnya saling adu kesaktian, seorang melempar lesung (losung) dan seorang lagi melemparkan piring (pinggan) dan kemudian lokasi tempat jatuhnya benda-benda tersebut berubah menjadi sebuah danau yang dinamai Tao Silosung dan Tao Sipinggan.

Jarak sekitar 12 Km dari Doloksanggul, dengan waktu pencapaian ke obyek wisata sekitar setengah jam dapat ditempuh dengan menggunakan jenis angkutan roda 2 dan 4, namun selebihnya harus di tempuh dengan berjakan kaki ± 100 m, karena masih merupakan jalan setapak.

Sarana dan Prasarana berupa tempat pemancingan dan rekreasi keluarga berupa lapangan yang luas. Disekitar lokasi ini oleh masyarakat juga dipergunakan untuk lahan pertanian.

 Posted by at 1:08 pm