Pariwisata Kecamatan Baktiraja

 

 

PANATAPAN LEMBAH BAKKARA

pemandangan baktirajaLokasi wisata yang terletak di jalan menuju Kecamatan Baktiraja dengan objek wisata alam pemandangan lembah bakkara. Di tepi teluk Bakkara ini terdapat rumah-rumah adat tua, balai-balai kerajaan masing-masing di Lumban Raja dan Onan Bale. Rumah-rumah kerajaan terdiri dari Rumah Bolon, Rumah Parsaktian, Sopo Bolon, Tari Sopo dan Sopo Godang yang menjadi sasaran penyerangan dan pembakaran pihak penjajah Belanda.

Keindahan pemandangan di daerah Lembah Bakkara inil jugalah yang menjadi pengganggu konsentrasi penyerangan Belanda kerena serdadu Belanda datang dari arah gunung lewat muara dan Huta Ginjang dan terpesona dengan keindahan namun memiliki kondisi yang terjal dan curam. Jarak dari kota Doloksanggul 8 Km menuju Kecamatan Baktiraja dengan waktu pencapaian ke obyek wisata sekitar 40 menit dan dapat ditempuh dengan roda empat dan roda 2 dengan kondisi jalan aspal yang baik dan sudah terbangun sebuah shelter (rumah teduh).

AEK SITIO-TIO

Lokasi wisata yang terletak di Desa Siunong-unong julu dengan obyek wisata alam dan budaya berupa Mata Air Jernih yang tidak pernah keruh.

Jarak dari kota Doloksanggul 16 Km dengan waktu pencapaian ke obyek wisata sekitar 1 jam dan dapat ditempuh dengan kenderaan roda 4 dan 2 kemudian menempuh jalan setapak.

Untuk sarana dan prasarana berupa toilet dan warung.aek sitiotio

 

ISTANA RAJA SISINGAMANGARAJA XII DAN BATU SIUNGKAP-UNGKAPON

Lokasi wisata yang terletak di Desa Simangulampe dusun Lumbanraja dengan obyek wisata budaya berupa komplek Istana dinasti Raja Sisingamangaraja yang berada tepat pada sisi jalan lintas kecamatan. Jarak dari Kota Doloksanggul sekitar 17 Km menuju kecamatan Baktiraja. Komplek ini berada di pinggir jalan menuju Kecamatan Baktiraja, dengan waktu pencapaian ke obyek wisata hanya dalam hitungan puluhan menit dari kecamatan Baktiraja dan dapat ditempuh dengan menggunakan jenis angkutan roda 2 dan 4 dengan kondisi jalan aspal yang baik dan mulus. Untuk sarana dan prasarana yang tersedia rumah makan, lapangan parkir, gorga, rumah bolon khas batak.

istana3 istana4 istana1 istana2BATU HUNDUL – HUNDULAN

batu hundulanLokasi objek wisata yang terletak di Desa Sinambela dengan obyek wisata budaya berupa wisata budaya sejarah berupa batu peristirahatan yang dipercaya pernah digunakan raja Sisingamangaraja sebagai tempat duduknya.

Jarak dari kota Doloksanggul sekitar 18 Km berada di jalan menuju Kecamatan Baktiraja, pencapaian ke obyek wisata dapat di tempuh dengan kenderaan dengan fasilitas jalan yang cukup baik. Sarana dan prasarana yang tersedia warung. Sekitar objek batu sudah dikelilingi pagar dimaksudkan sebagai pelindung.

Untuk legenda berisikan cerita yang berkaitan dengan sejarah Batu Hundul-Hundulan perlu dibuat sehingga pengunjung mengetahui sejarahnya dengan keterangan yang dapat di baca. Batu, tanaman dan bunga sekitar pagar sudah baik namun perlu pemeliharaan dan perawatan agar sekitar objek batu terlihat lebih asri dan mendukung objek utama Batu Hundul-Hundulan

HARIARA TUNGKOT

Lokasi wisata yang terletak di Desa Sinambela dengan obyek wisata budaya peninggalan Raja Sisingamangaraja. Objek ini dipercaya oleh masyarakat setempat adalah merupakan tongkat yang dipakai dan ditancapkan oleh Raja Sisingamangaraja kemudian tumbuh menjadi pohon. Secara fisik pohon ini memang mirip dengan tongkat. Batang pohon memiliki keunikan menjulang tinggi dengan sebagian daunnya terbalik.

Jarak dari kota Doloksanggul sekitar 18 Km atau sekitar 500 m dari Kecamatan Baktiraja, dengan pencapaian ke obyek wisata dapat ditempuh dengan kendaraan dan berada di sebelah lintasan jalan kecamatan.

Di sekitar objek wisata terdapat sarana dan prasarana warung, pagar pembatas . Disekitar pohon ini masih banyak keluarga sinambela yang tinggal dimana mereka merupakan keturunan Raja Sisingamangaraja

hariara tungkot

Objek Pariwisata lainnya di Kecamatan Baktiraja :

1. Aek Sipangolu ( “klik disini..”)

2. Air Terjun Binangan Janji (“klik disini”)

 Posted by at 1:35 pm