Sep 112017
 

Dalam rangka meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan internet  dan mendukung  rencana aksi pencegahan korupsi terintegrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Sumatera Utara, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Lawas melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Humbang Hasundutan, Senin (11/9). Rombongan Diskominfo Kabupaten Padang Lawas antara lain Marza J. (Kadis Diskominfo), Win Nazofah Ikbal (Kabid TIK), Muh. Taufik (Kabid E-Gov), Rahmat Roito (Kasi TIK) dan Didampingi Budi Utari Siregar (Asisten Ekonomi Pembangunan). Kunjungan tersebut  diterima Kadis Kominfo Kabupaten Humbang Hasundutan Drs. Hotman Hutasoit yang didampingi Sekretaris Dinas Jinitua Malau, Kepala Bidang Informatika Deddy Situmorang, SE., M.Si. dan Kepala Bidang Komunikasi Nurliza E. Pasaribu, S.Kom,. M.Si.

Kadis Kominfo Padang Lawas Marza J mengatakan bahwa kedatangan mereka ke Diskominfo Kabupaten Humbahas untuk menyerap ilmu dan informasi tentang perkembangan infrastruktur dan e-government di Kabupaten Humbahas. “ Kami berkunjung ke Diskominfo Kabupaten Humbang Hasundutan sesuai dengan saran tim technical assistance KPK untuk dapat menyerap ilmu dan sharing informasi untuk membangun infrastruktur jaringan internet satu pintu”.

Pada kesempatan yang sama juga Budi Utari siregar juga menambahkan kabupaten Padang Lawas sangat perlu menyerap ilmu dari Diskominfo Humbahas bagaimana mengelola  jaringan dengan baik dan efektif.

Dalam sambutannya, Kadis Kominfo Kabupaten Humbang Hasundutan Drs. Hotman Hutasoit menyambut baik atas kunjungan Diskominfo Kabupaten Padang Lawas ke Diskominfo Kabupaten Humbang Hasundutan. Hotman menjelaskan bahwa Diskominfo Kabupaten Humbang Hasundutan merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru dibentuk tahun ini, sehingga kami terus berbenah dalam meningkatkan infrastruktur TIK untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat, apalagi Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan masuk dalam rencana aksi pencegahan korupsi terintegrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Sumatera Utara.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang informatika Deddy Situmorang, SE, M.Si menjelaskan kepada rombongan Diskominfo Padang Lawas kondisi eksiting infrastruktur jaringan TIK dan data center yang ada di Diskominfo Kabupaten Humbahas, yang didampingi oleh Kasi infrastruktur dan teknologi Syukur Berkat Marbun, S.Kom dan Kasi Penyelenggaraan egovernment Rahmat Gunawan Manik, S.Kom.

Diskominfo Kabupaten Humbang Hasundutan telah menyambung jaringan internet ke 29 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan 10 Kecamatan seluruh Kabupaten Humbang Hasundutan. Perangkat yang dipergunakan adalah radio acces point dan VSAT. Vsat tersebut merupakan bantuan program Kementerian Komunikasi dan Informatika sebanyak 26 lokasi dengan sasaran kantor pemerintahan, sekolah dan puskesmas.

Selain jaringan internet, Diskominfo Kabupaten Humbang Hasundutan juga telah mengelola data center. Data center tersebut dibangun untuk sentralisasi semua perangkat hardware berupa server untuk mempermudah semua akses terhadap aplikasi yang akan dibangun seperti aplikasi eplanning, ebudgeting, eperizinan, LPSE, hosting website dan lainnya.

Lebih lanjut, Deddy menjelaskan bahwa banyak manfaat apabila infrastruktur TIK dibangun secara satu pintu yakni di Dinas Komunikasi dan Informatika. Selain efisien dan efektif dalam pengelolaan dan pemeliharaan, dalam penganggaran juga lebih hemat. Tidak perlu lagi instansi memikirkan perawatan semua perangkat dan keberlanjutan aplikasi, instansi hanya mempergunakanya. Apabila ada kerusakan untuk perbaikan jaringan dan aplikasi, diskominfo Kabupaten Humbang Hasundutan bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan sebaik dan secepat mungkin.

Setelah pertemuan dari ruangan media center diskominfo Kabupaten Humbang Hasundutan, rombongan Diskominfo Kabupaten Deli Serdang melanjutkan kegiatan meninjau data center dan beberapa lokasi infrastruktur TIK di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu, Dinas Sosial, Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah. (I-Diskominfo-HH)