Jul 172017
 

Kadis Kominfo Humbahas Membuka Pelatihan Website SKPD Humbahas

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Humbang Hasundutan melaksanakan pelatihan kepada administrator website Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se – Kabupaten Humbang Hasundutan, Rabu (12/7) bertempat di Ruang Media Center Dinas Kominfo Kabupaten Humbahas. Peserta yang hadir berasal dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) seluruh SKPD se-Kabupaten Humbang Hasundutan berjumlah 39 orang.

 

Acara dibuka secara resmi oleh Kadis Kominfo Kabupaten Humbang Hasundutan Drs. Hotman Hutasoit, didampingi oleh Kabid Informatika Deddy Situmorang, SE.,M.Si., Kasi Infrastruktur dan Teknologi Syukur Berkat Marbun, S.Kom dan Kasi Penyelenggaraan egovernment Rahmat Gunawan Manik, S.Kom.

Dalam laporannya, Deddy menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan dilaksanakan untuk menindaklanjuti amanat Undang-Undang No.14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Setiap badan publik harus menyediakan, memberikan dan menerbitkan informasi publik. Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi tentang kegiatan/program kerja SKPD Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, telah dibangun 39 website resmi SKPD se-Kabupaten Humbang Hasundutan. Website tersebut berisi profil Humbang Hasundutan, profil SKPD, program kerja per bidang, berita-berita SKPD, Humbahas dan informasi lainnya, kata Deddy.

Suasana Pelatihan Website SKPD – Humbahas, Para admin SKPD serius memperhatikan paparan yang disampaikan Kabid Informatika/ Deddy Situmorang, SE,MSi

Kadis Kominfo  dalam sambutannya membuka acara pelatihan website,  menyampaikan bahwa Undang-Undang No.14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, pada dasarnya bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab melalui prinsip – prinsip akuntabilitas, transparansi dan supremasi hukum, serta melibatkan partisipasi masyarakat dalam setiap proses kebijakan publik.

 

Lebih lanjut hotman menjelaskan, dengan UU No. 14/2008 dapat memberikan jaminan kepada setiap warga negara untuk memperoleh informasi mengenai pembuatan kebijakan publik. Masyarakat secara individu dan institusi dapat meminta dan memperoleh informasi yang dibutuhkan dari badan-badan publik. Diakhir sambutannya, Hotman Hutasoit mengharapkan kepada seluruh peserta untuk benar-benar  dan bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan agar setelah pelatihan, setiap SKPD dapat memberikan informasi kegiatan/program kerja melalui layanan website resmi SKPD. Website dapat dibuka dimana saja dan kapan saja, sehingga masyarakat dapat terlibat langsung dalam pembangunan di Kabupaten Humbang Hasundutan, jelas hotman kepada seluruh peserta.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam 2 gelombang dengan topik antara lain pengembangan e-government, pengenalan penggunaan wordpress dan pengenalan penggunaan webmail Pemkab Humbang Hasundutan. (Diskominfo-HH)