May 152017
 

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) dan Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Pustekkom Kemendikbud RI) melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) program Kewajiban Pelayanan Universal  di Kabupaten Humbang Hasundutan . Hal ini disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Humbang Hasundutan Hotman Hutasoit didampingi Kabid Informatika Deddy Situmorang, SE.,M.Si kepada wartawan di ruang kerjanya, (15/5).

Hotman menambahkan, kegiatan monev ini dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 8 s.d.10 Mei 2017 oleh Lisa Ariska, Gatot Rahmadi dari Kemenkominfo dan Faisal dari Pustekkom Kemendikbud. Ikut mendampingi dari Diskominfo antara lain Kabid Informatika Deddy Situmorang, SE.,M.Si, Kasi Infrastruktur dan Teknologi Syukur Berkat Marbun, S.Kom, Dudut Iwantoro, ST.

Secara umum, akses internet di Kabupaten Humbang Hasundutan berjalan baik, oleh karena itu diharapkan masyarakat memanfaatkan internet untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan di berbagai bidang.

Dengan internet jarak antara kota dan desa tidak ada lagi. Diminta secara khusus kepada semua tenaga pendidik untuk lebih memaksimalkan penggunaan akses internet untuk mencari bahan/media ajar. “Dengan  internet ini, tidak ada lagi perbedaan materi pembelajaran di kota dan desa. Tinggal kita dituntut untuk lebih kreatif mencari bahan/materi ajar untuk kita sampaikan kepada siswa/i kita. Sehingga anak didik kita mampu bersaing dengan anak-anak didik yang berada di kota”, kata Hotman

Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) telah memperoleh bantuan KPU/USO dari Kementerian Kominfo RI sebanyak 26 lokasi dengan sasaran lokasi antara lain sekolah, puskesmas dan kantor kecamatan. Jumlah ini masih tetap kurang dan akan  mengusulkan penambahan untuk beberapa lokasi lagi seperti lokasi wisata, puskesmas dan sekolah lainnya. “Kami akan mengusulkan lagi lokasi yang lain seperti sekolah SD, SMP, Puskesmas dan objek-objek wisata untuk mendapat bantuan layanan internet untuk mewujudkan smart kabupaten sesuai dengan visi Diskominfo Kabupaten Humbang Hasundutan”, ujarnya.

Ditempat yang sama, Deddy Situmorang menyampaikan Tim monev  meninjau 7 lokasi, antara lain Puskesmas Sigompul-Lintongnihuta, Kantor Camat Tarabintang, SDN 173463 Pakkat, SDN 173480 Martonabala Pakkat, Puskesmas Onan Ganjang, Puskesmas Paranginan dan SMAN 1 Baktiraja. Tim melakukan pemeriksaan fisik perangkat, memastikan semua perangkat berjalan dan berfungsi dengan baik. Selanjutnya, dilaksanakan pertemuan singkat dengan seluruh tenaga pendidik untuk mendapat penjelasan tentang pentingnya internet untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tenaga pendidik dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa/i.

Dalam pertemuan dengan tenaga pendidik di SDN 173480 Martonabala Pakkat, Faisal memaparkan , ” Sekarang sudah tersedia bahan/media ajar di situs resmi rumah belajar kemendikbud. Semua tenaga pendidik dan siswa/i dapat membuka situsnya, di download dan dipelajari, sehingga saat ini sangat mudah dan praktis. Oleh karena itu, maksimalkanlah mempergunakan layanan internet ini untuk belajar dan mengajar yang lebih baik dan efektif “, harap faisal dihadapan para tenaga pendidik.

Pemkab Humbahas menyampaikan  terimakasih kepada Kementerian Kominfo dan Pustekkom Kemendikbud yang telah membantu pemerintah daerah khusus Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dalam memberikan bantuan layanan internet sehingga masyarakat humbang hasundutan dapat merasakan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi untuk akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (rel/Kominfo)