Apr 212017
 
Dalam rangka memperingati Perayaan Paskah di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Panitia Paskah Raya Humbahas melalui Unit Transfusi Darah (UTD)Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doloksanggul menggelar Bakti Sosial Donor Darah di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Asset Humbahas, Komplek Perkantoran Tano Tubu – Hutamas Doloksanggul, Jumat (21/4). Dalam pelaksanaan donor darah tersebut pihak UTD berhasil menggalang puluhan kantong darah.

Kepala RSUD Doloksanggul dr. Sugito Panjaitan melalui Kepala UTD Wariston Panjaitan kepada wartawan via selulernya mengatakan bahwa program donor darah itu merupakan program Panitia Perayaan Paskah Raya Humbahas. Dalam program tersebut pihaknya berhasil menggalang sedikitnya 7 ribu milliter darah atau 350 milliter dalam dua puluh kantong darah.
Kata dia, darah hasil donor itu nantinya akan dipergunakan untuk kepentingan kesehatan di RSUD Doloksanggul. “Dengan donor darah ini kita bisa memenuhi kebutuhan darah di daerah kita, khususnya untuk penyelamatan pasien yang membutuhkan di RSU Doloksanggul,” kata Wariston.
Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkab Humbahas Drs. Hotman Hutasoit mengatakan bahwa program donor darah dilakukan oleh panitia sebagai bentuk wujud dari cinta kasih yang ditandai dari kemenangan Paskah.
Diterangkan, dalam ilustrasi paskah, Yesus yang lahir dan mati di kayu salib telah mengorbankan darahnya untuk menyelamatkan manusia. Karena itu lewat perayaan paskah raya ini masyarakat di Humbahas juga diajak untuk berbagi terhadap sesama. Terlebih dalam memenuhi kualitas hidup yang baik.
 “Dengan donor darah kita memiliki panggilan untuk membantu sesama yang membutuhkan. Pada dasarnya program donor darah dilakukan dalam kegiatan social. Namun dalam perayaan paskah ini bukan hanya sekedar kegiatan bakti sosial tetapi untuk menanamkan filosofi pengorban terhadap sesama, walau dalam hal kecil,” terangnya. (Kominfo)