Jan 062017
 

dsc_5356

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE melantik dan mengukuhkan pimpinan tinggi pratama dan administrator di lingkungan Pemkab Humbang Hasundutan, Selasa (3/1). Pengangkatan dan mutasi jabatan itu dilaksanakan di objek wisata Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan.

Pejabat yang dikukuhkan setingkat eselon II yaitu Sekdakab Humbahas Saul Situmorang SE MSi, Asisten Pemerintahan Drs Tonny Sihombing MIP, Kadis Kesehatan dr Budiman Simanjuntak M.Kes, Kadis Kependudukan Catatan Sipil Drs Juber H Simanullang dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Ir Tumbur Hutagaol MT.Pimpinan tinggi pratama yang dilantik yaitu Makden Sihombing MM sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik. Drs Augus Panuturi Marbun MSi sebagai Staf Ahli Bidang Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat. Drs Lamhot Hutasoit sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs Bilson Parluhutan Siahaan MM sebagai Inspektur Kabupaten, Drs Janter Sinaga sebagai Sekretaris DPRD, Drs Jamilin Purba MM sebagai Kadis Pendidikan, Jhonson ST MSi sebagai Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Ir Rockefeller Simamora sebagai Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Mangupar Simanullang sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Paiman Baniar Purba S.Sos sebagai Kadis Sosial, Ir Minrod Sigalingging Kadis Lingkungan Hidup, Drs Vandeik Simanungkalit MM Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Selanjutnya, Drs Elson Sihotang Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Jaulim Simanullang MM Kadis Perhubungan, Drs Hotman Hutasoit Kadis Komunikasi dan Informatika, Drs Rudolf Manalu Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Drs Jonni Waslin Purba Kadis Pemuda dan Olahraga. Drs Lautdin Sitinjak MPd Kadis Perpustakaan, Ir Junter Marbun MM Kadis Pertanian dan Perkebunan, Luhut Marbun SP Kadis Peternakan dan Perikanan, Ir Hotmaida Dina Uli Butarbutar Kadis Pariwisata, Lasro Marbun SH MH Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Drs Jhon Harry M.MA sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset.

Jabatan administrator setingkat eselon III yang dilantik, Domu Lumbangaol SPd sebagai Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Drs Houtman Sinaga SH sebagai Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Sabar Sitanggang SP sebagai Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan. Ratna Fride Marbun SE sebagai Sekretaris Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan.

Dalam pelantikan itu, Dosmar Banjarnahor mengatakan  acara pengambilan sumpah/janji pejabat tinggi pratama di Sipinsur, karena merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Humbang Hasundutan sebagaimana ditetapkan otorita Danau Toba. Sehingga diharapkan, semua dapat mempromosikan wisata Sipinsur. Sehingga potensi pariwisata yang dimiliki mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kabupaten Humbang Hasundutan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Era demokratisasi dan transparansi sekarang, segenap aparatur negara terus menerus disorot dan dinilai secara kritis oleh semua elemen masyarakat.  Berbagai macam predikat yang menyudutkan, mewarnai wajah birokrasi saat ini. Untuk itu aparatur negara diharapkan harus mampu mengantisipasi dan mengakomodasi perkembangan tersebut serta mampu memberikan respon yang cepat dan tepat.

Pengisian jabatan telah melalui seleksi yang ditetapkan tim seleksi independen dan dianggap cakap untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Humbang Hasundutan.  Pejabat yang dilantik mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam struktur organisasi pemerintah dalam merealisasikan kebijakan dan program yang telah ditetapkan demi tercapainya visi dan misi Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sehingga pejabat yang dilantik dituntut untuk memiliki ketrampilan dan profesionalisme aparatur dibarengi dengan keimanan dan ketaqwaan yang mantap. Menjabarkan visi dan misi Kabupaten Humbang Hasundutan dalam pelaksanaan program dan tugas pokok dan fungsi di lingkungan unit kerja masing-masing. Bekerja sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Membangun kerjasama, sinergitas serta meningkatkan akselerasi dalam melakukan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat. Memiliki displin dan etos kerja sesuai motto Kabupaten Humbang Hasundutan yaitu bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja serius.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor menegaskan kepada pejabat yang dilantik, akan dievaluasi kinerja selama 6 (enam) bulan kedepan dan apabila tidak mampu menunjukkan kinerja yang baik, tidak akan segan-segan diganti.  Kepada istri pejabat yang dilantik, diharapkan agar memberikan dukungan penuh kepada suami dalam menjalankan tugas kedinasan. Karena peranan ibu, sangatlah menentukan keberhasilan suami. Hadir dalam pelantikan itu, Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit AMd, Ketua TP PKK Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, Ny Betty Saul Situmorang dan lainnya.  (REL/rhs-Kominfo hh).