Aug 292016
 

menteri diulosi tokoh masyarakat di rumah dinas bupati Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita didampingi Anggota DPR RI Anton Sihombing dan sejumlah Anggota DPRD dan pengurus Partai NasDem dari Kabupaten Taput dan Tobasa  meninjau rencana lokasi perayaan natal nasional 2016 di Humbang Hasundutan (Humbahas) Sabtu (27/8) pagi.

Begitu tiba, Enggartiasto Lukita disambut oleh Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor bersama jajarannya di rumah dinas Bupati setempat.

Menteri yang berasal dari Partai NasDem itu kemudian dipandu Bupati Dosmar berkeliling di area lokasi rencana perayaan natal nasional 2016. Lokasi yang ditinjau itu adalah area perkantoran Bupati, Bukit Inspirasi Doloksanggul dan tanah lapang Sirisi-risi Doloksanggul.

Soal lokasi rencana perayaan Natal Nasional ini, Mendag mengatakan bahwa pihaknya akan melaporkan hasil tinjauannya secara ril melalui sekmil, protocol dan sekneg dan Sekda untuk kemudian diputuskan.

“Kita lihat betul, dan kementeri tinjau lokasi pasar doloksanggulmudian nanti saya harus melaporkan dengan berbagai pertimbangan kemudian diputuskan,” kata Enggartiasto Lukita menjawab New Tapanuli. Dari dua titik lokasi yang ditinjau, kata Enggartiasto Lukita, yang paling memadai adalah di lokasi perantoran Bupati Humbahas.

“Ada dua pilihan tadi. Andainya disetujui, kita semua sepakat lokasinya yang di tempat lokasi kediaman dan perkantoran Bupati,” ucapnya. Selain itu, mendag dan rombongan juga menyambangi pasar tardisional Doloksanggul, untuk mengetahui perkembangan harga komoditas pangan, seperti beras, bawang merah, cabai dan gula.

Katanya, kunjungan ke pasar ini merupakan amanat dari Presiden Joko Widodo  yang prioriotas dalam pengendalian harga. “Ini salah tugas yang dimandatkan Presiden Jokowi kepada saya, yaitu mengendalikan harga pangan,” terangnya.

Menurut dia, Presiden juga menugaskannya mengerjakan tiga sektor prioritas. Pertama,  memprioritaskan upaya pengendalian harga. Kemudian memprioritaskan upaya kemandirian pangan. dan memprioritaskan kesinambungan dunia usaha.

Diasana Menteri bertemu dan berdiaolog langsug dengan sejumlah pedagang soal harga dan kondisi pasar tradisional yang butuh perbaikan karena becek. Dalam dialog itu, para pedagang minta kenyamanan tempat mereka berjualan agar diperhatikan. Menaggapi permintaan warga pedagang itu Enggartisto tersenyum seraya mengatakan Bupati Dosmar Hebat. “Inilah kehebatan Bupati Humbahas ini, saya diajaknya kepasar ini dan ternyata ada maksud yang terpendam,” ujar Menteri tersenyum.

Usai meninjau pasar tradisional, Enggartiasto Lukita didampingi Bupati Dosmar melanjutkan perjalanan ke Balige Kabupaten Tobasa. Sebelum bertolak kejakarta melalui Bandara Silangit, Mendag juga melakukan kunjungan harga komoditas di pasar Balige (humas dan kominfo humbahas)