Aug 042016
 
IMG_1820

Asisten Administrasi Umum dan Kesra Drs Edy H Sinaga menutup acara kegiatan pengabdian masyarakat dalam pengembangan SDM bidang kepariwisataan dan perhotelan di Humbang Hasundutan

Demikian dikatakan Sekdakab Humbahas Saul Situmorang, SE.,M.Si dalam acara pengabdian masyarakat dalam pengembangan sumber daya manusia bidang kepariwisataan. Sesuai dengan hasil penelitian, bagaimanapun indahnya sumber daya alam (SDA) pariwisata kalau tidak didukung sumber daya manusia (SDM), pariwisatanya tidak akan berbuah atau berhasil secara optimal. Itu sudah pasti.  Karena pengembangan sektor pariwisata tidak semata-mata pembenahan sarana prasarana/instruktur lokasi wisata saja tapi harus dibarengi dengan pembinaan dan peningkatan kwalitas SDM yang akan menjadi pelaku usaha pariwisata.

an perhotelan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Selasa (2/8) bertempat di Martin Anugerah Doloksanggul. Pelatihan yang dihadiri para pengusaha hotel dan rumah makan itu disponsori Akademi Pariwisata Medan.  Program ini bertujuan untuk mempersiapkan para pelaku usaha pariwisata khususnya industri perhotelan dan rumah makan yang berada di wilayah Humbang Hasundutan. Sehingga bisa memahami betul bentuk pelayanan yang sesungguhnya yang mampu menarik simpatik para pengunjung. Apalagi setelah terbentuknya Badan Otorita Pengelolaan Kawasan Danau Toba. Bila kunjungan wisata meningkat akan memberikan efek ganda bagi kegiatan ekonomi masyarakat.

IMG_1800

Sekdakab Humbahas Saul Situmorang, SE.,M.Si dan Pudir I Akpar Medan Zumri Sulthony saling tukar cendramata

Saul Situmorang menjelaskan lagi, banyak faktor untuk mendukung keberhasilan industri kepariwisataan antara lain objek wisata sebagai daya tarik pengunjung. Sumber daya manusia kepariwisataan dan prasarana jalan termasuk akomodasi yaitu hotel dan restoran. Apabila ini ada maka wisatawan akan berkunjung ke daerah tersebut. Pemilik hotel dan rumah makan termasuk masyarakat sekitar harus ramah, jujur dan bersih. Pemilik rumah makan harus membuat daftar menu makanan dan jangan terlalu mahal. Sehingga wisatawan atau pengunjung akan datang lagi ke tempat usaha itu.

“Saat ini wilayah Tapanuli sungguh luar biasa, Bandara Silangit sudah ada. Sehingga Jakarta-Humbang Hasundutan sudah sangat dekat. Ditambah lagi terbentuknya badan otorita danau toba. Ini harus kita manfaatkan dengan baik. Jadi diminta kepada pengusaha hotel dan restoran agar memberikan pelayanan yang terbaik. Jangan datang sekali dan itu yang terakhir” kata Saul Situmorang.

Sementara Pembantu Direktur I Akpar Medan Zumri Sulthony, M.Si mengatakan kegiatan ini mendukung destinasi kawasan danau toba. Acara itu dihadiri Camat Doloksanggul Opzen Simamora S.Pd, Camat Pollung Drs. Sumitro Banjarnahor, Camat Baktiraja Demak Lumbantoruan SH, Camat Lintongnihuta Haposman Togatorop dan Camat Paranginan Jara Trisepto Lumbantoruan, S.Pd. Akhir acara saling tukar cendramata. Acara itu ditutup Asisten Administrasi Umum dan Kesra Drs. Edy H. Sinaga dan mengatakan agar ilmu yang diperoleh dalam kegiatan itu bisa dilaksanakan dengan baik dan disalurkan kepada pihak lain.(Humas dan Kominfo Humbahas)