Apr 202016
 
Gambar Kepala BKD

Kepala BKD Kab. Humbang Hasundutan Makden Sihombing, S.Sos, MM

Adanya moratorium kebijakan kesehatan dari Kementerian Kesehatan, tahun ini Pegawai Tidak Tetap (PTT) di seluruh Indonesia dari tenaga kesehatan meliputi bidan, dokter umum dan dokter gigi akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Namun pengangkatan CPNS terhadap pegawai yang digaji dari APBN itu akan melalui ujian seleksi sebagaimana peraturan yang berlaku.

Kepala Dinas Kesehatan Humbang Hasundutan (Humbahas), dr Budiman Simanjuntak MKes melalui Sekretaris Elson Sihotang, kepada wartawan di ruang kerjanya, baru-baru ini, mengatakan, pengangkatan PTT menjadi CPNS adalah moratorium kebijakan kesehatan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Ditambahkan, moratorium tadi disusul Memorandum of Understanding (MoU) Sekretaris Jendral (Sekjend) Kementerian Kesehatan dengan pemerintah daerah (Pemda), provinsi, kab/kota, Rabu (30/3), di Jakarta tentang pengadaan CPNS di lingkungan Pemda pengangkatan dari PTT.

Elson menguraikan, sesuai MoU, seleksi CPNS dari PTT akan dilaksanakan Juli 2016 mendatang di masing-masing provinsi. “Seleksi nanti akan dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Namun penilaian tidak passing melainkan berdasarkan ranking,” jelasnya.

Lebih lanjut, katanya, sesuai database, tenaga PTT di Pemkab Humbahas, bidan sebanyak 128 orang, dokter umum 1 orang dan dokter gigi nihil. “Data tersebut sudah final dan sudah dikirim ke Biro Kepegawaian pusat untuk sinkronisasi,” tukasnya.

Mantan Camat Parlilitan itu menambahkan sesuai peraturan yang berlaku, syarat peserta seleksi CPNS 2016 yakni umur maksimal 35 tahun, tenaga PTT dari bidan, dokter umum dan dokter gigi masing-masing dilengkapi STR (surat tanda registrasi).

Terpisah, Kepala BKD Humbahas Makden Sihombing ketika dikonfirmasi membenarkan adanya MoU Sekretaris Jendral Kemenkes dengan Pemda, provinsi, kabupaten/kota, Rabu (30/3), di Jakarta tentang pengadaan CPNS di lingkungan Pemda pengangkatan dari PTT.

“Dalam MoU itu disebutkan tentang pengangkatan CPNSD dari tenaga PTT. Kemudian seleksi CPNSD itu akan dilakukan Juli 2016 mendatang di provinsi,” katanya.

Dijelaskan, dalam seleksi CPNSD itu, BKD setempat hanya menangani administrasi. Artinya, yang lulus seleksi akan diusulkan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk diterbitkan Nomor Induk Pegawai (NIP) yang bersangkutan. (F02 dan Kominfo Humbahas)