Mar 172016
 
Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE dan Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora dan Ketua DPRD Humbang Hasundutan Manaek Hutasoit, A.md dan Wakil Ketua Jimmi Togu Purba dan beberapa anggota DPRD sedang mendengarkan paparan dari Bappeda Provinsi Sumatera Utara di Aula Hutamas Doloksanggul pada hari Rabu (16/3)

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE sampaikan sambutan, sekaligus membuka secara resmi Musrembang Pemkab Humbang Hasundutan TA 2017 di Aula Hutamas Doloksanggul, Rabu (16/3)

Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) pada Tahun 2017 akan memfokuskan program pembangunan pada tiga pilar utama, yakni sektor Pertanian, Pariwisata dan Infrastruktur. Fokus itu, diprogramkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrembang) Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan pada hari Rabu (16/3) di Aula Hutamas, Doloksanggul.

“Optimalisasi pembangunan pertanian, pariwisata dan infrastruktur menuju Humbang Hasundutan Hebat adalah fokus Musrembang kita untuk Tahun 2017 sesuai dengan visi misi yang kita usung untuk lima tahun ke depan,” ujar Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor disela-sela acara Musrembang.

Dia menyebut, pencapaian kinerja Pemkab Humbahas Tahun 2017 dapat terlihat dari perkembangan ekonomi makro ekonomi, sosial dan penyediaan infrastruktur dasar.”Oleh karena itu, satuan kerja perangkat daerah harus memperhatikan secara serius dan mempedomani seluruh fokus kerja. Sehingga pencapaian pertumbuhan ekonomi, peningkatan produk domestik regional bruto, pengurangan tingkat pengangguran terbuka dan berkurangnya jumlah keluarga miskin”

Dosmar Banjarnahor, mengingatkan para satuan kerja perangkat daerah tersebut agar benar-benar mengusulkan program pembangunan yang berpihak kepada rakyat.”Sampaikan argumen di forum Musrembang ini dengan jelas, akurat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara luas,” dan juga menghimbau agar seluruh satuan kerja perangkat daerah mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten menyelaraskan program pembangunan dengan seluruh pemangku kepentingan di daerah itu.”Pembangunan itu bisa tercapai, jika kita sudah bersatu dengan rakyat serta seluruh pemangku kepentingan. Jadi, mari kita selaraskan visi misi menuju Humbang Hasundutan hebat itu dengan semua pihak,” terang Dosmar.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE sampaikan sambutan, sekaligus membuka secara resmi Musrenbang Pemkab Humbang Hasundutan TA 2017 di Aula Hutamas Doloksanggul, Rabu (16/3)

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE dan Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora dan Ketua DPRD Humbang Hasundutan Manaek Hutasoit, A.md dan Wakil Ketua Jimmi Togu Purba dan beberapa anggota DPRD sedang mendengarkan paparan dari Bappeda Provinsi Sumatera Utara di Aula Hutamas Doloksanggul pada  hari Rabu (16/3)

Untuk penajaman hasil Musrembang, dia berharap, agar semua pihak terkait dapat memberikan masukan, serta merumuskan pokok-pokok permasalahan pembangunan di daerah itu.”Solusi untuk masalah program pembangunan harus dapat kita simpulkan. Semua pihak saya harap dapat memberikan masukan, ” pungkasnya

Gubernur Sumut diwakili oleh Staf Ahli Gubernur bidang pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan Asren Nasution mengatakan, “semua anggaran kegiatan harus efektif, efisien dan tepat sasaran tepat guna”. Semua program kegiatan harus mengacu kepada nawa cita yang diprogramkan oleh Presiden RI baik RPJMN dan RPJMD Provinsi sampai ke RPJMD Kabupaten/Kota sehingga tercipta keterpaduan program kegiatan menyeluruh mulai dari Pusat sampai ke Pemerintah Kabupaten/Kota. Program kegiatan tersebut nantinya harus sanggup memenuhi kebutuhan dasar mayarakat, dan kualitas pelayanan kepada semua lapisan masyarakat.

Asren juga mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota untuk membuat proposal program kegiatan untuk memperoleh bantuan dari APBN dan APBD Provinsi Sumatera Utara, seperti Dak, Tugas pembantuan Provinsi dan program kegiatan lainnya.

Ketua DPRD Humbang Hasundutan Manaek Hutasoit menyampaikan, “semua pejabat dan stakeholder memberikan ide ide yng cemerlang”. Dari lembaga DPRD selaku control program kegiatan kita harus tetap mengkawal semua program kegiatan agar benar benar tepat sasaran dan dapat dirasakan semua lini masyarakat kehadiran pemerintah berada ditengah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan  dasarnya dan untuk mewujudkan masyarakat Humbang Hasundutan Hebat. (Hs-humas dan kominfo humbahas)