Jan 152016
 

APBD2

Bupati Humbang Hasundutan, Drs. Bukit Tambunan, MAP menyampaikan Nota Jawaban atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD Humbang Hasundutan terhadap Nota Pengantar Bupati tentang APBD Tahun Anggaran 2016, Jumat (15/1) di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan.

Bukit Tambunan menyampaikan bahwa pemerintah dalam menyusun RAPBD 2016 ini telah memperhatikan aspek prioritas, dimana pertanian menjadi hal yang utama, oleh karenanya pembukaan jalan ke sentra-sentra produksi pertanian menjadi skala prioritas pada tahun ini.

Pemandangan fraksi yang sudah disampaikan tetap menjadi masukan bagi pemerintah, dan pemerintah menyadarinya karena itu menjadi tanggungjawab dewan yang terhormatĀ  dalam upaya melanjutkan dan meningkatkan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Beberapa pemandangan fraksi secara umum menyoroti bidang pertanian, pendidikan, kesehatan, prasarana wilayah dan pemberdayaan Aparatur Sipil Negara. Pemandangan tersebut sejalan dengan apa yang sudah dituangkan di RAPBD, namun pemerintah menyadari dan masukan ini akan menjadi perhatian pemerintah.

Dalam pertanian pembangunan jalan-jalan ke sentra-sentra produksi pertanian dan pembangunan irigasi akan menjadi perhatian pemerintah kedepan. Pemerintah juga berusaha untuk membuat terobosan-terobosan baru dan memadukannya dengan penggunaan teknologi pertanian untuk meningkatkan hasil-hasil pertanian. Dalam bidang pendidikan, pemerintah akan melakukan penataan secara menyeluruh, baik dari sisi kualitas sarana dan prasarana. Tujuan pemerintah adalah untuk meningkatkan kualitas lulusan setiap jenjang pendidikan.

Pelayanan kesehatan yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat sudah menjadi prioritas pada anggaran tahun-tahun sebelumnya dan juga tetap menjadi perhatian pemerintah. RSUD Doloksanggul tetap menjadi perhatian pemerintah karena rumah sakit ini menjadi rumah sakit rujukan dari sepuluh kecamatan. Alokasi anggaran juga sudah lebih besar dianggaran untuk memperbaiki pelayanan di RSUD Doloksanggul.

Pada paripurna penyampaian nota jawaban ini, pemerintah juga mengucapkan terimakasih kepada Dewan yang terhormat melalui fraksi yang sudah memberikan apresiasi atas kinerja pemerintah. (humas hh/kominfo)